Pengingat Di Saat Lupa

Nvidia Memperkenalkan VGA Hemat Daya

Setelah pengumuman GeForce GTX 980 dan GeForce GTX 970 pada minggu lalu menambah banyak anggota varian dari VGA Nvidia.





GeForce GTX 980 dijual seharga USD 549 memiliki 2048 CUDA cores berkecepatan 1126 Mhz. Dan, GeForce GTX 970 dijual lebih murah seharga USD 329 yang memiliki 1664 CUDA cores berkecepatan 1050 Mhz. Kedua VGA tersebut dilengkapi dengan memori GDDR5 256-bit berukuran 4GB yang memiliki kecepatan efektif sebesar 7Ghz. Yang berarti keduanya merupakan VGA high-end dengan spesifikasi kelas atas.

Meskipun memiliki kinerja tinggi, akan tetapi kedua VGA ini hemat daya. Karena kedua VGA ini menggunakan arsitektur "Maxwell" sehingga konsumsi dayanya lebih hemat 2x dari generasi sebelumnya.

Sekitar 70% pangsa pasar VGA saat ini dikuasasi Nvidia dengan produk GeForce miliknya. 30% sisanya dikuasai oleh AMD dengan seri VGA Radeon.

Kedua perusahaan yang merupakan rival berat ini mengambil strategi berbeda. AMD memasok chip grafis untuk konsol Xbox-One, Sony Playstation, dan Nintendo Wii. Sedangkan Nvidia mencoba merambah lini mobile dengan SoC Tegra.

Nvidia memakai arsitektur Maxwell untuk membantu langkahnya merambah dunia gadget. Selain komputer, Nvidia juga menerapkan Maxwell pada chip mobile-nya Tegra.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.




0 comments:

Post a Comment

Nvidia Memperkenalkan VGA Hemat Daya